5 Manfaat Pelapis Epoxy Lantai yang Perlu Dipahami Pemilik Rumah

5 Manfaat Pelapis Epoxy Lantai yang Perlu Dipahami Pemilik Rumah adalah material yang berfungsi sebagai sealant (pelapis) untuk lantai beton. Istilah epoxy coatings (pelapis epoxy) dan epoxy paints (cat epoxy) sering membuat orang rancu. Walaupun istilah pelapis dan cat sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya ada perbedaan mendasar antara pelapis lantai epoxy dan cat epoxy tersebut.

Cat epoxy, secara material, merupakan produk akrilik lateks yang memiliki sejumlah kecil epoxy dalam campurannya. Produk-produk ini memiliki daya lekat dan daya tahan yang lebih baik daripada cat akrilik standar, tetapi berbeda dengan pelapis lantai epoxy.

Sementara itu, pelapis lantai epoxy sendiri merupakan dua bahan komponen yang terdiri dari resin epoxy dan penguat poliamina. Sebelum menggunakan pelapis lantai epoxy, kedua bagian harus dicampurkan terlebih dahulu. Tidak seperti cat, pelapis bersifat cepat kering dan juga tahan terhadap proses pewarnaan tahan kimia dan abrasi.Perbedaan dalam Aplikasi dan KetahananSatu hal yang pasti, cat biasanya lebih mudah diaplikasikan daripada pelapis. Dengan cat, aplikator hanya cukup mencuci permukaan lantai beton, membiarkan substrat mengering, dan kemudian menggunakan satu atau dua lapisan cat. Hasilnya, sementara lantai dapat terlihat bagus dan mudah dikerjakan, hemat dan praktis.Namun, selama beberapa bulan (atau beberapa tahun jika cat dalam kondisi terbaik), beton telanjang akan mulai terlihat kusam, lapisan cat mulai luntur, terutama jika digunakan di tempat dengan lalu lintas barang atau orang yang padat. Selain itu, cat juga dapat mudah mengelupas.

5 Manfaat Pelapis Epoxy Lantai yang Perlu Dipahami Pemilik Rumah, di Jakarta, bekasi, cikarang, karawang Tangerang, Depok, Bogor, Jakarta Barat, Sunter, Jakarta Utara, Cikampek, Subang, Cirebon.
Epoxy Lantai

Di sisi lain, pelapis lantai epoxy memiliki ketahanan selama beberapa tahun lamanya. Sistem pelapisan ini tahan lama, tahan terhadap abrasi, bahkan di area yang lalu lintasnya padat, serta juga tahan bahan kimia. Pelapis ini tidak berpori, tidak akan mengelupas, dan juga tidak licin. Namun, pelapis lantai epoxy agak membutuhkan lebih banyak proses pengerjaan, mulai dari persiapan, aplikasi primer, hingga finishing. Pelapis lantai epoxy juga perlu dipersiapkan permukaan yang tepat, seperti shot blasting, grinding atau scarifying, agar hasilnya optimal. Sistem pelapis juga terdiri dari berbagai lapisan mulai dari lapisan primer, lapisan pertama, lapisan tengah, dan lapisan atas–membuatnya lebih tebal dari lapisan sederhana atau dua cat sekalipun.Dari persiapan permukaan, hingga aplikasi selesai, proses pelapisan epoxy dibutuhkan lebih dari yang Anda kira untuk memberikan lantai berlapis epoxy berkualitas yang akan bertahan selama bertahun-tahun.

5 Manfaat Pelapis Epoxy Lantai yang Perlu Dipahami Pemilik Rumah

Pelapis epoxy dapat digunakan di lantai untuk bangunan komersial, trotoar, bahkan di dinding atau langit-langit gedung bertingkat, dan paling sering digunakan di lantai garasi. Berikut adalah manfaat dari penggunaan pelapis lantai epoxy:

  1. Daya tahan yang lebih baik: Lantai beton yang dilapisi epoxy bertahan lebih lama dibandingkan yang dilapisi cat biasa, sehingga menghemat uang dan memungkinkan Anda bisa fokus mengelola bisnis lainnya.
  2. Kuat dan tahan lama: setelah epoxy diubah menjadi polimer padat, epoxy menjadi sangat kuat dan mencegah kerusakan kimia.
  3. Menghemat waktu: pelapis lantai epoxy biasanya cepat dan mudah dipasang, yang berarti lebih sedikit waktu untuk mematikan produksi instalasi jika digunakan di pabrik (shut down time).
  4. Nilai estetika tinggi: pelapis lantai epoxy biasanya tersedia dalam berbagai warna dan pola agar sesuai dengan gaya spesifik Anda.
  5. Tahan korosi dan bahan kimia: pelapis epoxy dapat bertahan meski terus terpapar bahan kimia, sehingga sangat cocok untuk gudang atau tanaman yang mungkin terkena bahan tersebut.

Pelapis Epoxy Lantai cocok untuk: Pabrik, Gudang, Bengkel, Helipad, dan Jenis Properti Lainnya

PT. ADIYASA ABADI memiliki aplikator epoxy Bekasi profesional yang dapat mengaplikasikan cat epoxy lantai di berbagai area dengan berbagai jenis cat epoxy seperti Jasa Epoxy Mortar

Dan salah satu kebutuhan industrial maupun perumahan yang paling banyak dicari Pelapis Epoxy Lantai Coating.

Jika Anda membutuhkan Coating yang murah dan memiliki hasil kerja rapih, Hubungi tim sales kami : 0821-25601552, 0853-2264-7279