Cara Pemasangan Epoxy lantai

Cara Pemasangan Epoxy lantai, pernah terpikiran dibenak Anda untuk menjadikan lantai beton Anda khususnya lantai garasi, rumah sakit, lantai ruang kantor, lantai area parkir, lantai hotel, dan lainnya agar lebih elegan, bersih, anti air, awet tidak mudah retak atau rusak, indah, rapi, tahan beban kendaraan berat, dan agar lantai Anda berefek glossy atau mengkilap dengan menggunakan epoxy floor atau epoxy lantai.

Artikel ini akan menginformasikan kepada Anda cara yang benar untuk aplikasi atau memasang epoxy lantai, karena apabila Anda melakukan cara yang salah, bukan tidak mungkin hasilnya akan mengecewakan dan merusak lantai kesayangan Anda.

Sebelumnya, mungkin Anda ingin mengetahui apakah itu Epoxy Lantai, Anda dapat menyimaknya secara lebih jelas pengertiannya Epoxy Floor di sini.

Pemasangan epoxy lantai atau epoxy floor adalah pemasangan cat epoxy di lantai beton Anda. Cat ini bukan sembrangan cat, karena cat epoxy terdiri dari dua bahan khusus, di antaranya cat epoxy/ resin dan hardener.

Dua bahan tersebut kemudian diaduk hingga rata, yang setelah itu dilapiskan di atas beton, hasilnya setelah cat tersebut kering akan membentuk lapisan (film) yang tipis tetapi sangat keras, kedap dengan air, tahan dari bahan kimia dan berwarna. Hebatnya lagi, pada kondisi tertentu akan berefek mengkilap atau glossy, sangat indah dan elegan dipandang mata.

Epoxy Floor atau epoxy lantai ini pada umumnya digunakan untuk melapisi ruangan-ruangan berlantai yang tertutup seperti misalnya yang banyak dijumpai di studio TV, ruangan pameran, di area parkir, lorong rumah sakit, ruangan laboratorium, pusat perbelanjaan atau mall, lantai gudang, pabrik, dan atau industri lainnya.

Lalu Bagaimana untuk mengaplikasikan epoxy lantai?

Cara Pemasangan Epoxy lantai, di Jakarta, bekasi, cikarang, karawang Tangerang, Depok, Bogor, Jakarta Barat, Sunter, Jakarta Utara, Cikampek, Subang, Cirebon.
EPOXY LANTAI

Cara Pemasangan Epoxy Lantai secara umum :

  1. Kekuatan beton minimal K250 dan finis trowel ( tidak ada acian)
  2. Harus kuat artinya bahwa lantai beton harus dapat menerima beban berat tanpa terjadi penurunan atau amblas.
  3. Usia lantai paling tidak harus 28 hari dengan tingkat kelembaban beton maksimal telah mencapai 5%
  4. Untuk Anda yang lantainya berada langsung di atas tanah, disarankan dilapisi oleh lapisan penghalang uap air (water vapour barrier) yang berbentuk lembaran tipis berbahan bitumen yang dilapisi oleh bahan plastik polyesthylene.
  5. Saat pengecoran lantai harus diratakan (leveling) dengan peralatan yang memadai seperti jidar (baik jidar manual atau jidar bergetar/ screeder) dan ketinggiannya diawasi dan dicermati dengan peralatan ukur yang baik (theodolit ataupun sistim laser), sehingga kerataan, kehalusan dan ketinggian lantai sesuai dengan rencana awal.
  6. Permukaan lantai halus, tidak bergelombang dan tidak kasar.
  7. Metode pengupasan permukaan seperti menggunakan alat grit-blasting, waterjetting, Blastrac ataupun diamondize scrubber bisa digunakan terutama untuk permukaan yang telah terkontaminasi oleh tumpahan semen atau kotoran kering yang telah membatu dan lainnya.
  8. Pastikan beton bersih dari debu, bersihkan dengan alat penyedot debu (vacuum cleaner)
  9. Lantai beton yang telah memenuhi syarat di atas, dilapisi terlebih dahulu dengan Epoxy Primer yang diaplikasikan dengan roller ataupun disemprot dengan tekanan udara.
  10. Tunggu Lapisan primer kering, paling tidak dibiarkan selama 12 jam
  11. Kemudian laukan tahapan Base Epoxy Coat,Body Coate dan Top Coate – Tiap tahapan di Sending dan Cleaning.
  12. Gunakan roller yang berkwalitas baik, dimana bulu-bulunya tidak akan rontok saat digunakan.
  13. Pelapisan dilakukan 2 kali, dimana arah pelapisan sebaiknya saling bersilangan
  14. Selama proses pelapisan, perhatikan kebersihan lantai dari debu,serangga terbang seperti lalat, laron, nyamuk dan lainnya. Jika didapati kotoran atau hewan yang jatuh harus segera dibuang dan dilapis kembali.
  15. Selama proses pengerjaan bukalah semua jendela dan pintu karena ruangan tertutup membahayakan keselamatan pekerja.
  16. Dilarang keras merokok dari mulai pencampuran hingga pelapisan
  17. Setiap kali selesai pelapisan, lantai tidak boleh dilewati orang, gerobak ataupun kendaraan lainnya hingga minimal 12 jam
  18. Setelah 12 jam, orang dijinkan menginjak lapisan cat epoxy lantai akan tetapi dengan sangat hati-hati dan tidak menggunakan sepatu yang memiliki ujung atau sol sepatu yang tajam atau keras.
  19. Sebaiknya pekerja berjalan tanpa menggunakan sepatu sama sekali atau hanya menggunakan sandal karet yang lunak
  20. Gerobak, handpallet, forklift ataupun kendaraan lain baru boleh melewati lantai setelah 7 hari dari pelapisan terakhir.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memasang epoxy lantai atau epoxy floor di lantai beton Anda agar lebih kuat, kedap air, elegan, megah, rapi, dan bersih.

Untuk Anda yang membutuhkan jasa konsultasi dan pemasangan epoxy lantai, bisa langsung menghubungi kami. Perusahaan kami sangat berpengalaman, profesional, dan ahli dalam masalah ini. Perusahaan kami mengerjakan banyak proyek untuk BUMN dan swasta di seluruh Indonesia. Dengan harga epoxy lantai terjangkau.

Epoxy lantai cocok untuk: Pabrik, Gudang, Bengkel, Helipad, dan Jenis Properti Lainnya

PT. ADIYASA ABADI memiliki aplikator epoxy Bekasi profesional yang dapat mengaplikasikan cat epoxy lantai di berbagai area dengan berbagai jenis cat epoxy

Jika Anda membutuhkan epoxy lantai yang murah dan memiliki hasil kerja rapih, Hubungi tim sales kami :
0821-25601552, 0853-2264-7279